Selasa, 27 Maret 2012

misteri di balik lagu gloomy sunday

apa kalian semua pernah mendengar tentang lagu gloomy sunday yang di ciptakan oleh lazzlo javor,
tentu waktu yang sangat lama sejak dia menciptakan lagu yang menyebabkan banyak korban ini di ciptakan pada tahun 1935n sudah cukup lama dong,

dan ini adalah cerita yang saya kutip dari tautan facebook teman saya:

di tahun 1935, Lazzlo Javor menulis sebuah lagu yang berjudul Gloomy Sunday. Lagu tersebut kemudian dijadikan irama musik oleh Rezsoe Seres dan rekaman lagu itu langsung meledak. Lagu itu dikarang Lazzlo untuk kekasihnya. Tetapi, kejadian buruk yang tidak diperkirakan terjadi, kekasih Lazzlo Javor mencabut nyawanya tidak lama setelah peluncuran lagu tersebut. Dan di surat berisi niat bunuh diri itu berbunyi, Gloomy Sunday.

Beberapa waktu kemudian, seorang pegawai negeri Hongaria bunuh diri dengan menembak dirinya. Mayatnya ditemukan dalam posisi menelungkup di atas kopi lirik lagu Gloomy Sunday.

Selanjutnya, seorang gadis berupaya meracuni dirinya. Ketika kepergok, lagu Gloomy Sunday masih mengalun di alat musik dalam ruangan itu.

Ada sebuah kisah lagi yang terjadi di sebuah restoran di Budapest. Seorang pemuda menembak dirinya ketika band musik di restoran itu baru saja memainkan lagu Gloomy Sunday.

Ketika tahu lagu tersebut sudah memakan banyak korban, ditambah lagi situasi yang semakin tak terkendali, pemerintah Hongaria kemudian melarang pemutaran lagu itu di tempat umum. Walau begitu, ketenaran lagu Gloomy Sunday sudah menyebar ke negara lain, dan tentunya juga menambah banyak korban. Di Inggris, lagu itu kemudian dilarang diputar BBC (British Broadcasting Channel) karena terjadi bunuh diri lagi. Beberapa tindakan bunuh diri juga dilaporkan kemudian di Amerika Serikat, namun pemerintah Amerika Serikat tidak melarang pemutaran lagu itu di negaranya.

Kalau dihitung, secara keseluruhan terjadi 200 upaya bunuh diri di seluruh dunia yang berkaitan dengan Gloomy Sunday. Di tahun 1968, pengubah Gloomy Sunday menjadi musik yang bernama Rezsoe Seres, melompat bunuh diri dari lantai delapan di sebuah bangunan. Dan akhirnya, dia tidak berhasil menulis lagu laris lainnya setelah Gloomy Sunday!

------------------------------------------------------------------------------------------------
Kurang lebih begitulah ceritanya. Setelah mendengar cerita tentang lagu itu, dan didorong oleh rasa penasaran. Aku mencoba mencari Gloomy Sunday di Google. Ternyata tidak sulit. Setelah beberapa saat mengoogling, akhirnya aku menemukan link download lagu itu di RAPIDSHARE via RAPIDLibrary.

Segera kusiapkan perlengkapan standar downloadman, yaitu seperangkat Download Manager, kemudian aku mengisi berapa kode captcha, dan akhirnya muncul juga link untuk mendowload. Yokatta! Menggunakan tangan kanan, aku mengeklik tombol kiri mouse pada link tersebut, dan... seharusnya sebuah dialog box untuk menyimpan file muncul. Tapi, kotak itu tidak muncul! Yang kudapat hanyalah tulisan dari Rapidshare, yang berbunyi: This file has ben removed!

Wah-wah, ada apa ini? kenapa sampai rapidshare menghapus Gloomy Sunday segala, pikirku semakin penasaran...

Lalu, karena tidak mau menyerah, sepuluh menit kemudian lagu itu sudah ada di playlist media playerku. Hmm, selamat mendengarkan....!

ini Lirik Lagunya..  :


Sunday is gloomy
the hours are slumberless
dearest the shadows
I live with are numberless

Little white flowers
will never awaken you,
not where the dark coach
of sorrow has taken you

Angels have no thought
of ever returning you
would they be angry
if I thought of joining you?

Gloomy Sunday

Gloomy Sunday
with shadows I spend it all
my heart and I
have decided to end it all

Soon there'll be prayers
and candles are lit, I know
let them not weep
let them know, that I'm glad to go

Death is a dream
for in death I'm caressing you
with the last breath of my soul
I'll be blessing you

Gloomy Sunday

Dreaming, I was only dreaming
I wake and I find you asleep
on deep in my heart, dear

Darling, I hope
that my dream hasn't haunted you
my heart is telling you
how much I wanted you

Gloomy Sunday

It's absolutely gloomy sunday


 
Hasil analisa saya:
Setelah beberapa jam saya mencari mengenai nada musik, dan lirik yang di terjemahkan ke bahasa indonesia, berikut adalah hasil lirik yang di terjemahkan:

Minggu yg suram, jam saya
yang slumberers
Tersayang,bayangan saya hanya tinggal dengan
jumlahnya
Bunga putih kecil
tdak akn pernah membangunkan Anda
Tidak di mana pelatih hitam
Kesedihan telah bersama Anda
Malaikat tidak pernah berpikir untuk kembalikan anda
Apakah mereka akan marah jika
Aku memikirkan bergabung dengan Anda?

minggu yg suram

minggu yg suram, dengan bayang-bayang
Aku menghabiskan itu semua
Hatiku dan aku
Telah memutuskan untuk mengakhiri semuanya
Segera akan ada lilin
Dan doa yang menyedihkan saya tahu
Biarkan mereka tidak menangis
Biarkan mereka tahu
Bahwa aku senang pergi
Kematian adalah mimpi
Untuk kematian Aku membelai Anda
Dengan jiwa terakhir dari jiwaku
Aku akan memberkati kamu

Minggu yg suram..

Bermimpi, aku hanya bermimpi
Saya bangun dan saya menemukan Anda tidur
Di dalam hati saya, di sini
Sayang, saya berharap bahwa mimpi saya
Pernah menghantui Anda
Hati saya kepada Anda
Betapa aku ingin kau

minggu yg suram..

oke , sudah kan kita mengetahui artinya,
Sekarang pertanyaan nya mengapa lagu ini banyak menyebabkan pendengar nya menjadi bunuh diri.
kita mengetahui kalau lagu ini adalah lagu yang bertema kan cinta, dan isi dari lagu ini menceritkan keputus asaan seseorang terhadap cintanya, ini hanya menurut presepsi saya saja.

Mari kita lihat dari segi psikologi orang - orang yang bunuh diri setelah mendengar lagu ini, tentu kalian tahu kalau musik sangat berperan penting dalam kehidupan seseorang, siapa yang tidak menyukai musik...?
Tentu semua orang menyukai musik, nah di sini lah kita lihat dari tipe orang yang menyukai beberapa jenis musik, contohnya saja : mungkin anda sedang patah hati, tentunya lagu yang pas untuk anda adalah lagu yang bertemakan kesakitan hati, maka secara logika dapat disimpulkan, kalau sebuah lagu yang kita sukai mewakili perasaan kita saat ini,
Coba ketika anda sedang bahagia, apa mungkin anda akan mendengar lagu bertema patah hati, Mungin ada yang menjawab tidak dan ada yang ia, namun cenderung pasti akan mendengarkan lagu yang bertema kebahagian.

Setelah anda membaca penjelasan saya di atas, mungkin ada yang paham dan ada yang tidak, sekarang saya akan menjelaskan nya, sesuia penjelasan di atas saya berhasil menarik kesimpulan kalau orang - orang yang bunuh diri karena mendengar lagu gloomy sunday, di akibat kan adanya teknan depresi yang berlebihan, mungkin karena di tinggal sang kekasih atau orang yang cukup berharga dalam dirinya, dan jangka waktu itu bisa kapan saja, mungkin telah bertahun - tahun lama nya di tinggal kekasih, namun masih tersimpan dalam memori pahit, lalu setelah mendengarkan lagu ini maka mereka terkenang kembali pada saat itu, itu sebabnya Lagu bisa menghipnotis kita, karena dalam nada dan lirik lagu terdapat unsur sugesti yang hanya di ketahui bebeapa orang, mungkin kita bisa melihat bagian lirik yang mengandung sugesti menurut saya :

minggu yg suram, dengan bayang-bayang
Aku menghabiskan itu semua
Hatiku dan aku
Telah memutuskan untuk mengakhiri semuanya
Segera akan ada lilin
Dan doa yang menyedihkan saya tahu
Biarkan mereka tidak menangis
Biarkan mereka tahu
Bahwa aku senang pergi
Kematian adalah mimpi
Untuk kematian Aku membelai Anda
Dengan jiwa terakhir dari jiwaku
Aku akan memberkati kamu

Baik lah kalian amati lirik di atas, itu adalah lirik yang cukup mengundang anda untuk terhipnotis, mungkin anda tidak akan terhipnotis jika anda tidak tahu bahasa lagu gloomy sunday, karena menggunakan bahasa inggris, namun kalau menggunakan bahasa indonesia tentu anda mengerti mengapa laggu ini di sebut lagu pengiring maut, dan saya berani menjamin, akan aa yang bunuh diri setelah mendengar lagu ini kalau ad yang versi indonesia dengan nada instrumental yang tidak di rubah (tetap pada originalnya),

kita lanjut ke topik pembahasan, Ketika orang - orang yang mendengarkan lirik itu sedang mengalami depresi berat akibat di tinggalkan seseorang, tentu otaknya tidak mampu berfikir dengan jernih, dan akan terbawa suasana oleh lagu itu, di tambah nada musiknya yang sangat sendu dan menggugah jiwa, maka tentu sang pendengar yang depresi tadi akan menerjemahkan kalimat lagu itu di otaknya kalau tiada guna lagi dia hidup dan lebih baik mengakhiiri semua ini, agar mereka semua tahu dan bla...bla..

Lalu Dorrrrr... Bunuh diri lah ssang pendengar lagu tadi,

Jadi ini anda sudah mendapatkan jawaban mengapa lagu ini bisa di sebut lagu pembawa kematian atau penggiring kematian,

Dan anda tidak akan mati bunuh diri kalau mendengar lagu ini, asal anda masih bisa berfikir jernih, jujur saat saya menuliskan artikel ini, saya sambil mendengarkan lagu gloomy sunday (Jadi pengen bunuh diri niech, heheheheh) just kidding.....

Sekian dari saya dan terima kasih, mohon maaf kalau anda tidak setuju dengan presepsi saya , namun saya harap anda (para pembaca) memberikan kritik dan saran kepada saya, agar bisa memotivasi saya menjadi lebih maju....

14 komentar:

  1. ngeri ya......kalo aku sih pernah denger lagunya karl mayer judulnya paranoid.itu sih cuma instrumen aja...
    kalo mau liat,di youtube dan tulis carl mayer paranoid

    BalasHapus
  2. Kalau lagu karl meyer yg bikin orang bisa stres itu judul nya reverse, coba ajha dengarin keras'' dan sendirian di dalam kamar

    BalasHapus
  3. Wah aku belum tau neh lagunya, pengen dengar juga ah,

    BalasHapus
  4. klo itu enelan bikin bunuh diri, ahhh jadi takuut

    BalasHapus
  5. aku jg gak tahu bahasa inggris.. ahhaha
    yg nyabut nyawa bukan lagu tapi TUHAN.. sekian dari saya..wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  6. Aku ngerti bahasa inggris,, tapi aku denger lagu gloomy sunday sambil main.

    BalasHapus
  7. Lagunya bagus buat ngiring tidur siang

    BalasHapus
  8. gloomy sunday?...gue dengerin biasa aja tuh sendiri lgi di kamar cuman gue dengerin sambil maen subway surfers gara2 gak enak lagunya yaudah gua apus dri hp gue

    BalasHapus
  9. dalam kasus gloomy sunday bukan tuhan yang mencabut nyawa, tapi manusia itu juga yang mendahului takdir tuhan dengan cara bunuh diri,

    BalasHapus
  10. Biasa aja......wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  11. aneh juga ya? hehe... :D

    BalasHapus
  12. ane kira tu lagu dimasukin semacam sihir gitu :v

    BalasHapus